Hari Kebangkitan Nasional

Hari Kebangkitan Nasional

Spread the love

Hari Kebangkitan Nasional

 

Sejarah Hari Kebangkitan Nasional berawal dari lahirnya Budi Utomo, dimana organisasi modern pertama yang berdiri di Indonesia. Budi Utomo dibentuk pada 20 Mei 1908 oleh Dr. Soetomo dan beberapa mahasiswa STOVIA (School tot Opleiding van Indische Artsen) yang digagas oleh Dr Wahidin Sudirohusodo. Hari kebangkitan nasional ini merupakan masa dimana tumbuhnya rasa dan semangat Persatuan, kesatuan, dan nasionalisme dan kesadaran untuk memperjuangkan negaranya.

Pada pertengahan abad pertama ke-20, muncul beberapa kepemimpinan organisasi yang baru. Dengan melalui kebijakan Politik Etis, Belanda dapat membantu menciptakan sekelompok orang Indonesia yang terpelajar. Yang merupakan salah satu perubahan yang mendalam pada orang Indonesia dan sering disebut sebagai “Kebangkitan Nasional Indonesia”. Dalam Peristiwa ini dibarengi dengan adanya peningkatan aktivitas politik sehingga mencapai puncaknya pada Proklamasi Kemerdekaan Indonesia tanggal 17 Agustus 1945.

Berdirinya Budi Utomo inilah yang menjadi simbol dari kebangkitan bangsa Indonesia. Oleh karena itu, pada tanggal 20 Mei 1948, Presiden Soekarno menetapkan sebagai tanggal berdirinya Budi Utomo, dan tanggal 20 Mei, sebagai Hari Kebangkitan Nasional yang diperingati hingga sekarang ini.

Oleh : Ratna Dahita

1,288 Responses